Souvenir Jam Duduk Juarai Lomba Souvenir Samer


//DISKOMINFO-SGU//
SANGGAU,Mentarikhatulistiwa.co.id – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si menyerahkan hadiah para pemenang lomba souvenir Sabang Merah (Samer), yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sanggau. Kegiatan dilaksanakan di ruang musyawarah lantai I Kantor Bupati Sanggau, Kamis (19/11/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Plt. Kepala Disporapar Kabupaten Sanggau, Rizma Aminin, S.IP, M.Si, Ketua Dekranasda Kabupaten Sanggau, Ny. Arita Apolina, S.Pd, M.Si sekaligus selaku Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Kepala OPD atau pejabat yang mewakili, para juri dan para peserta lomba.
Usai penyerahan hadiah para pemenang lomba, Plt. Kepala Disporapar Kabupaten Sanggau Rizma Aminin ketika diwawancarai menyampaikan yang dimana kita (masyarakat) sudah tahu bahwa sabang merah merupakan brandingnya Kabupaten Sanggau.

“Yang dimana branding sabang merah sudah terkenal melalui baju batik sabang merah, Sehingga kita ingin agar sabang merah ini betul-betul menjadi brandnya Kabupaten Sanggau. Jadi ketika orang datang ke Sanggau maka mereka tahu dengan sabang merah dan semua pernak-pernik ciri khasnya itu sabang merah, sehingga ketika kita ingin mengenalkan sabang merah ini dan ketika orang datang di Sanggau maka mereka pasti tahu sabang merah. Kita bisa menemuinya dalam bentuk souvenir bermacam-macam itu, mulai dari batik, baju kaos dan termasuk perlengkapan-perlengkapan yang sehari-hari yang bisa dijadikan souvenir atau cinderamata bagi rekan-rekannya atau dibawa pulang ketika mereka usai berkunjung dari Kabupaten Sanggau.

Sehingga ini yang menjadi tujuan utamanya,” jelas Plt. Kadis Porapar Kabupaten Sanggau, Rizma Aminin.
Plt. Kadis Porapar juga sampaikan sebanyak 59 peserta yang mengikuti lomba souvenir sabang merah tersebut.
“Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 59 orang, terdiri dari yang paling banyak itu memang dari Kecamatan Kapuas dan juga ada beberapa dari kecamatan yang lainnya yang mengikuti; diantaranya Sekayam, Kembayan, Mukok dan Tayan Hulu. Kita berharap kedepan ini akan tetap kita bisa lakukan secara rutin, selain dari enam orang pemenang yang sudah kita umumkan. Ini juga dapat dibina oleh semua pihak, sehingga dari Disporapar, Dekranasda, Disperindagkop ataupun dari para penyedia atau pihak ketiga lainnya yang mendukung upaya kita untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten Sanggau,” katanya.

Ia juga katakan berkaitan dengan hadiah dengan total 16,5 juta rupiah dari juara satu hingga juara enam dan dipotong pajak.
“Adapun hadiahnya berupa uang, piagam dari Pak Bupati dan tropi sabang merah. Intinya tadi semuanya ini dalam bentuk motifnya sabang merah dan kita ingin mengenalkan bahwa motif sabang merah ini adalah merupakan brand Kabupaten Sanggau,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, ketika diwawancarai Bupati Sanggau Paolus Hadi sampaikan dirinya pada kesempatan tersebut menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba souvenir sabang merah.
“Dengan brandingnya itu adalah sabang merah. Saya senang karena dari 59 peserta akhirnya terpilihlah enam besar dan enam besar inilah yang saya serahkan hadiahnya hari ini. Saya lihat karya mereka bagus-bagus dan mereka punya ide-ide yang cerdas soal bagaimana membuat souvenir sabang merah, sehingga kalau orang datang ke Sanggau mereka bisa beli dan mereka ingin menggunakannya,” ucapnya.

Bupati Sanggau Paolus Hadi juga katakan yang sudah sangat familiar sekarang adalah baju batik sabang merah.
“Nah, makanya kita kembangkan lagi nih, sehingga orang kalau datang ke Sanggau tertarik untuk membelinya. Saya lihat dari enam tadi yang sudah diputuskan oleh dewan juri sebagai pemenang mudah-mudahan ini bisa kembangkan. Pesan saya tentu yang menang jangan selesai menang hanya satu itu saja, cobalah di produksi misalnya yang juara satu sampai juara enam itu produksikan dengan banyak dari hasil kreatifitasnya. Sehingga orang merasa kalau ke Sanggau mau beli souvenir sabang merah,” ujar Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Ia juga sampaikan targetnya tersebut nanti dikembangkan dan dikemas lagi dari enam pemenang ini untuk di olah lagi supaya betul-betul menjadi barang komersial.
“Dasarnya sudah ada nih dan tadi juga sudah saya sampaikan untuk dapat di kembangkan idenya, karena ide-idenya ini yang perlu kita dapat. Yang berikutnya tentu ada lomba di tingkat lebih tinggi kita sertakan branding sabang merah ini,” tuturnya.

Daftar nama-nama pemenang lomba souvenir sabang merah diantaranya:
1.Juara I atas nama Utin Maymi dengan nama souvenir jam duduk
2.Juara II atas nama Dudi Rivaldi dengan nama souvenir gantungan kunci mobil
3.Juara III atas nama Dayang Yustina dengan nama souvenir kopiah kalengkang
4.Juara IV atas nama Supriana Eni dengan nama souvenir gantungan kunci
5.Juara V atas nama M. Rival Napis dengan nama souvenir tempat tisu miniatur banding
6.Juara VI atas nama Iman Wahyudi dengan nama souvenir dudukan handphone.

Penulis : Alfian
Editor : Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: